logo vranti kuning-min

Blog

Rekomendasi 4 Jenis Bahan Totebag yang Kuat dan Cantik

jenis bahan totebag

Bahan totebag yang Anda pilih sebagai material pembuat souvenir totebag akan menentukan style totebag yang sesuai dengan tema acara Anda.

Sebelum mengupas jenis-jenis bahan totebag yang umum digunakan, yuk sebelumnya kita berkenalan dulu dengan tas simple dan serbaguna ini.

Totebag adalah tas serbaguna klasik dari Amerika. Ciri khas tas ini adalah desainnya yang sederhana, yaitu besar, terbuka tanpa risleting, serta memiliki pegangan di bagian tengah masing-masing sisi. Pada awal kemunculannya, totebag hanya mengandalkan fungsi, karena memang dimaksudkan untuk membawa barang-barang.

Pada perkembangannya, totebag tidak hanya sekadar tas fungsional, namun juga menjadi produk fashion. Tas ini populer di kalangan anak muda, sebagai tas untuk ke mal, kuliah, atau jalan-jalan. Selain sebagai produk fashion, totebag juga bisa dimodifikasi sebagai produk unik sehingga sering dijadikan souvenir acara/ event.

Mengapa masyarakat menyukai tas jenis totebag ini? Inilah beberapa alasannya :

1. Simple/Sederhana

Totebag memang didesain simple, bahkan risleting saja tidak ada. Penggunannya juga cukup digantungkan di bahu. Sebagian kalangan anak muda menganggap mengenakan totebag sesuai dengan style mereka yang terbilang minimalis

2. Elegan

Keunikan totebag adalah kesederhanaannya tetap bisa membuat pemakainya tampil elegan. Sehingga tak heran kalau totebag sering menjadi item fashion bagi kaum urban.

3. Mudah Dimodifikasi

Totebag adalah jenis produk tas yang sangat luwes sehingga bisa digunakan untuk banyak fungsi berbeda. Pada perkembangannya, totebag bukan lagi tas serbaguna untuk membawa berbagai barang, namun bisa menjadi item fashion dengan menambah sentuhan seni pada kain material totebag.

Totebag juga bisa menjadi souvenir acara atau event dengan menambahkan logo acara atau event pada kain materialnya. Selain itu totebag juga bisa menjadi produk seni dengan pemilihan material yang tepat untuk membuat totebag.

Jenis Bahan Totebag

Keluwesan totebag untuk memainkan beragam fungsi salah satunya tergantung pada pemilihan jenis bahan totebag yang digunakan. Yuk, ketahui bahan apa saja yang bisa dijadikan material pembuat totebag dan apa efeknya terhadap produk akhir totebag?

1. Jenis Bahan Totebag Spunbound

Jenis bahan totebag spunbound

Kain Spunbound adalah jenis kain ramah lingkungan yang bisa didaur ulang. Jenis kain yang memiliki nama lain polypropylene ini merupakan jenis kain non woven yang memiliki ciri khas tekstur kaku, halus, dan berserat rapat.

Di dunia produksi totebag, kain spunbound digunakan untuk membuat totebag souvenir, goodiebag, atau tas belanja pengganti plastik. Selain fungsinya, kelebihan lain jenis bahan totebag ini adalah harganya ekonomis.

Karena dinilai tidak terlalu kuat, totebag dari kain spunbound lebih direkomendasikan sebagai tas belanjaan dengan kemampuan mengangkat beban 3-4 kilogram.

2. Totebag dari Kain Blacu

Jenis bahan totebag blacu

Kain blacu merupakan jenis kain mentah yang belum jadi atau belum melewati proses finishing. Karena itu, kain blacu tidak memiliki warna. Warna kain blacu masih asli yang biasanya adalah warna putih tulang atau krem.

Totebag dari kain blacu memiliki kualitas di atas totebag kain spunbound serta dapat menahan beban lebih berat yaitu hingga 4-6 kilogram.

Menggunakan totebag kain blacu sebagai goodiebag,souvenir, atau bahkan tass  jalan-jalan otomatis akan menaikkan level ke-artsy-an Anda. Apalagi jika totebag kain blacu Anda dihias dengan lukisan atau sablon yang cantik.

3. Jenis Bahan Totebag Kain Kanvas

Jenis bahan totebag canvas

Kain kanvas adalah jenis kain yang memiliki serat tebal dan kuat. Awalnya, seperti kita ketahui, kain kanvas lebih banyak digunakan sebagai media lukisan. Namun, seiring dengan waktu, kegunaannya berkembang menjadi bahan pembuat sepatu atau tas.

Jenis bahan totebag kain kanvas sendiri banyak variasinya. Berbagai jenis kualitas kain kanvas yang dapat ditemui di pasaran antara lain: kanvas calico,kanvas marsoto, kanvas terpal, kanvas suede, serta baby canvas. Dari semua jenis varian tersebut, baby canvas memiliki kualitas terbaik karena teksturnya yang halus, lembut, dan tidak kaku.

Sama dengan, kain blacu, totebag dari bahan kanvas bisa dihias dengan sablon kreatif, bordir, atau lukisan.

4. Kain Denim

Jenis bahan totebag denim

Kebanyakan orang sering salah mengira bahwa kain denim sama dengan bahan jeans. Tapi, sebenarnya ini adalah anggapan yang keliru, karena kain denim ditenun dengan menggunakan serat kain katun berwarna biru, sementara bahan jeans ditenun dengan kain berwarna putih.

Kain denim disebut denim 100% jika terbuat seluruhnya dari bahan katun. Namun, saat ini dipasaran kain denim sudah bercampur dengan bahan spandex sehingga memiliki efek stretch.

Jenis bahan totebag kain denim merupakan bahan yang cocok dipilih jika ingin membuat produk totebag fashion. Totebag kain denim akan terlihat semakin cantik  saat sudah timbul efek washed atau pudar akibat pencucian yang timbul pada kain denim.

Menjahit Totebag di Konveksi

Sebagai vendor yang langsung memproduksi barang, Vranti.id menerima pesanan produksi untuk membuat totebag custom yang bisa Anda gunakan sebagai media promosi, baik kantor, event atau klub.

Tim support Vranti.id yang termasuk didalamnya adalah designer juga dapat membantu untuk menuangkan ide kreatif Anda di totebag yang akan diproduksi.