logo vranti kuning-min

Blog

Ini 6 Manfaat Lemon Untuk Ibu Hamil

manfaat lemon untuk ibu hamil

Manfaat Lemon Untuk Ibu Hamil – Buat yang sudah terbiasa minum air lemon, begitu sedang hamil pasti bertanya-tanya boleh lanjut nggak ya minum lemonnya.

Atau malah baru mau mulai minum lemon selama kehamilan? Tapi masih ragu aman atau nggaknya buat calon buah hati.

Selama hamil, memang sih calon ibu harus lebih berhati-hati dengan semua makanan dan minuman yang dikonsumsi. Ini dikarenakan apapun yang dikonsumsi ibu bisa berpengaruh pada kesehatan bayi dalam kandungan.

Dilansir dari momjunction.com, ibu hamil boleh minum air lemon asal masih dalam batas wajar. Minum air lemon berlebihan dapat menyebabkan proses detoksifikasi yang terlalu cepat yang kurang baik un tuk ibu hamil.

Meskipun begitu, ada baiknya sebelum minum air lemon, ibu hamil berkonsultasi dulu ke dokter untuk memastikan air lemon tidak berdampak pada kesehatan ibu dan bayi..

Banyak manfaat lemon untuk ibu hamil. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

Inilah Manfaat Lemon untuk Ibu Hamil

1. Mengatasi mual

Ibu hamil sering mengalami rasa mual selama kehamilan. Mual sering terjadi pada pagi hari di trisemester kedua kehamilan atau saat kehamilan berusia empat bulan. Pada kasus tertentu mual di pagi hari atau morning sickness ini bahkan bisa berlangsung sampai akhir kehamilan.

Segelas air lemon hangat bisa diminum untuk meredakan mual. Namun, harus dipastikan dulu ya kalau lambungmu tidak bermasalah. Karena, walaupun lemon tidak mengandung asam berlebihan tapi tetap perlu memastikan kondisi lambung sehat agar tidak terjadi iritasi.

2. Mencegah sembelit

Mengonsumsi air lemon dapat menambah asupan serat yang dapat melancarkan pencernaan. Air lemon juga diketahui bisa menstimulasi organ hati dan meningkatkan gerakan peristaltis sehingga membantu tubuh mengeluarkan kotoran dengan lebih optimal.

Minum air lemon bagi ibu hamil juga bisa membantu menjaga kesehatan pencernaan. Bila pencernaan sudah terjaga dengan baik, maka kondisi konstipasi atau sembelit bisa dicegah.

3. Mengurangi kadar kolesterol

Saat hamil kadar kolesterol pada ibu hamil memang mengalami kenaikan, ini dikarenakan kolesterol dibutuhkan untuk pembentukan hormon estrogen dan progesteron.

Namun calon ibu harus tetap waspada karena apabila kolesterol sebelum hamil sudah tinggi, maka saat hamil kolesterol akan jadi lebih tinggi melebihi batas aman.

Lemon bisa jadi solusi untuk menjaga kadar kolesterol dalam darah tetap stabil.

Lemon  mengandung kadar flavonoid dan vitamin C yang tinggi, ini menjadikan sari lemon sebagai pembersih alami bagi tubuh.

Sebuah penilitian yang diterbitkan di jurnal gizi menyebutkan bahwa subjek dengan kadar vitamin C tinggi dalam darah memiliki kadar trigliserida dan kolesterol yang rendah.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh

Sistem kekebalan tubuh bertugas seperti penjaga melindungi tubuh dari serangan bakteri dan virus setiap hari.

Sayangnya, tubuh kita adalah tempat nyaman bagi bakteri dan virus untuk bersarang, tugas imun tubuh lah untuk menghalau mereka agar kita tetap sehat.

Sari lemon mengandung 30,7 miligram vitamin C, sementara irisan lemon mengandung 2,3 miligram vitamin C.

Kadar yang cukup tinggi untuk membantu sistem kekebalan tubuh berfungsi penuh dalam menghalau penyakit yang disebabkan virus dan bakteri.

5. Menjaga kesehatan tulang

Ibu hamil rentan mengalami tulang dan gigi kropos selama hamil. Ini dikarenakan kebutuhan kalsium yang meningkat untuk pertumbuhan tulang janin.

Kalau kebutuhan kalsium kurang, maka janin akan mengambil jatah kalsium ibu, akibatnya kepadatan tulang dan gigi ibu jadi berkurang.

Air lemon kaya akan magnesium dan kalsium yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang. Tak hanya kesehatan tulang ibu tapi juga janin dalam kandungan. Kandungan kalium pada lemon juga baik untuk sel-sel otak dan saraf bayi

6. Mengatasi Kaki Bengkak

Kaki bengkak atau edema sering dialami oleh ibu hamil. Ini dikarenakan tubuh memproduksi darah dan cairan lebih banyak untuk perkembangan janin.

Kondisi kaki yang bengkak memang terasa tidak nyaman bagi ibu hamil dan juga tidak sehat nyaman dan tidak sehat.

Minum segelas air hangat yang dicampur 1 sdm air perasan jeruk lemon bisa membantu mengatasi kaki bengkak, serta meredakan sakit dan nyerinya.

Itu tadi manfaat lemon untuk ibu hamil. Ibu hamil bisa mulai menuai manfaat air lemon dengan mengonsumsinya setiap hari, tapi ingat sebelumnya perhatikan kondisi lambung agar aman.