logo vranti kuning-min

Blog

Cocok untuk Bahan Seragam Kantor, Kenali 4 Jenis Kain ini!

4 Jenis Kain untuk Bahan Seragam Kantor

Bahan seragam kantor merupakan komponen penting dalam merancang seragam kerja bagi sebuah perusahaan. Menentukan bahan seragam kantor sebaiknya mempertimbangkan jenis pekerjaan pemakainya atau citra yang ingin ditampilkan perusahaan. Menggunakan bahan yang panas sebagai seragam pegawai pabrik tentunya bukan pilihan bijak, sama tidak bijaknya dengan menggunakan bahan kaos untuk membuat seragam kantor teller bank.

Karena itu, jika Anda adalah pembuat keputusan terkait seragam kerja, tentukan dulu bahan seperti apa yang nyaman untuk pekerjaan di sektor Anda. Jika Anda bekerja di bidang jasa, citra perusahaan bisa menjadi salah satu faktor pertimbangan juga. Setelah anda membuat daftar kebutuhan seragam kantor, baru Anda bisa memilih bahan dan model yang sesuai.

Artikel ini hanya akan mengulik tentang bahan seragam kantor, soal modelnya kita bahas lain waktu ya. Anda perlu tahu, terdapat beberapa jenis bahan dengan karakteristik berbeda yang sering digunakan sebagai bahan seragam kantor. Mengenali karakteristik masing-masing bahan serta tahu kekurangan dan kelebihannya menjadi sangat penting untuk menentukan apakah bahan tersebut cocok untuk kebutuhan perusahaan Anda.

Sebagai panduan memilih, yuk kita bahas satu persatu jenis 4 bahan seragam kantor paling populer:

1. Kain Katun sebagai Bahan Seragam Kantor

bahan seragam kantor katun

Katun merupakan produk olahan bola kapas yang dipanen dari tanaman kapas. Karenanya, katun tergolong jenis bahan serat alami. Namun, tidak seperti jenis bahan serat alami yang dipatok dengan harga tinggi, harga bahan katun adalah yang termurah dibanding bahan serat alami lainnya. Selain harga murah, katun juga memiliki karakteristik yang membuatnya disukai banyak orang, seperti:

a. Lembut, kuat, dan tahan lama

Bahan katun terkenal sebagai bahan yang tahan banting. Ketahanan katun disebabkan daya serapnya yang tinggi. Bahan jenis ini mampu menyerap cairan sampai dua kali dari beratnya sendiri. Karakter unik ini juga yang menjadikan katun adalh bahan yang lembut.

b. Tidak memicu alergi

Sebelumnya sudah disebutkan kalau katun berasal dari tanaman kapas. Karena berasal dari bahan alami, risikio bahan katun menyebabkan alergi sangat minimal.

c. Bahan dingin

Daya serap katun yang tinggi membantu menyerap keringat saat dipakai. Keringat yang terserap dengan baik menjaga badan pemakainya tetap dingin. Nah, ini nih salah satu alasan mengapa katun menjadi favorit.

2. Bahan Seragam Kantor dari Kain Drill

Jenis bahan seragam kantor dari kain drill dapat dikenali dari pintalan benang yang miring atau diagonal, jalinan tenunnya juga cukup kuat. Sebagian bahan kain drill merupakan campuran antara katun dan polyster.

Karena jalinan bahan tenunnya yang kuat, awalnya kain jenis drill digunakan untuk membuat seragam tentara Inggris di India. Pada perkembangannya, di Indonesia kain drill ini juga dijadikan bahan seragam TNI dan Polri.

bahan seragam kantor drill

Dalam memilih kain drill sebagai bahan seragam kantor, Anda juga perlu tahu bahwa kain drill terbagi menjadi beberapa jenis:

  • American drill
  • Castilo drill
  • Kato drill
  • Japan drill
  • Taipan tropical

Karakteristik kain drill yang perlu dijadikan bahan pertimbangan sebagai bahan seragam kantor:

a. permukaan kain lembut

b. menyerap keringat dengan baik

c. jalinan tenun yang kuat

d. tidak mudah kusut

e. sejuk saat dipakai            

3. Kain Acrylic sebagai Bahan Seragam Kantor

Kain Acrylic merupakan kain sintetis berbahan dasar bahan bakar fosil. Meskipun merupakan kain sintetis, namun karakteristiknya mirip dengan kain alami wool, salah satu kemiripannya adalah sifatnya yang menahan panas. Di pasaran Anda bisa menemukan bahan seragam kantor acrylic dengan merk dagang Acrilian, Cashmilon, Orlon, Vonnel, atau Wolacryl.

Beberapa karakteristik yang menonjol dari kain acrylic adalah :

a. permukaan yang lembut

b. ringan

c. tidak menyerap air

d. penahan panas yang baik

bahan seragam kantor acrylic

Biasanya kain acrylic digunakan sebagai bahan seragam kantor yang berbentuk jaket, atau jas jaket. Namun perhatikan juga lingkungan kerja Anda ya, karena kain acrylic merupakan kain yang mudah terbakar.

4. Bahan Seragam Kantor dari Kanvas

Sebenarnya, kain kanvas terbagi menjadi beberapa jenis dengan karakteristik yang berbeda-beda, namun sifat umum dari kain ini adalah seratnya yang tebal dan kuat, motif benangnya yang jelas, serta cocok digunakan untuk membuat berbagai pakaian dan aksesoris seperti tas jenis tote bag. Dibalik karakteristik yang jadi kelebihan, kekurangan kain kanvas adalah panas saat dipakai, tidak seadem bahan drill misalnya.

bahan seragam kantor kanvas

Karena sifatnya yang panas ini, kain kanvas yang digunakan sebagai bahan seragam kantor untuk membuat kemeja lebih dominan komponen katunnya. Tentunya berbeda dengan kanvas sebagai bahan pembuat tas atau sepatu yang didominasi polyster.

Kalau Anda mencari jenis kain kanvas sebagai bahan seragam kantor pilihlah yang kuat namun masih tetap adem. Biasanya di pasaran kain kanvas jenis marsoto atau oxford memenuhi kriteria ini.

Nah, itu tadi sedikit gambaran tentang karakteristik kain yang bisa dijadikan pilihan bahan seragam kantor. Pilih yang paling sesuai, karena jangan salah, memilih bahan seragam yang sesuai juga punya andil dalam membentuk lingkungan kerja yang kondusif.