Blog

Kain Nagata Drill, Ini 8 Kelebihan dan Kekurangannya!

Kain Nagata Drill Ini 8 Kelebihan dan Kekurangannya

Kain Nagata drill adalah salah satu dari beberapa merk jenis kain Japan drill. Bahan Japan drill sendiri diklaim sebagai jenis kain drill paling berkualitas saat ini.

Sebagai salah satu merk dari jenis kain drill, kain Nagata drill juga terbuat dari campuran bahan alami katun dan serat sintetis polyester. Meskipun mengandung polyester, kain ini tetap adem karena campuran katun lebih mendominasi.

Nagata drill populer di dunia tekstil sebagai bahan yang banyak dicari untuk dijadikan kemeja seragam, seragam PDL, jaket almamater, atau celana.

Apa yang membuat kain Nagata Drill begitu disukai konsumen?

Kelebihan Kain Nagata Drill

Beberapa karakteristik kain Nagata yang dianggap kelebihan oleh konsumen antara lain adalah:

1. Memiliki pakaian berbahan Nagata Drill, Anda tidak perlu khawatir warna akan cepat pudar akibat proses pencucian. Warna yang tidak mudah pudar menjadi kelebihan karena menjadikan umur pemakaian pakaian lebih panjang.

2. Karakteristik lain dari kain Nagata yang jadi favorit adalah adem dipakai. Nagata Drill tidak terasa panas karena prosentase bahan katun yang tinggi dalam campurannya.

3. Efek lain dari dominasi katun atas bahan polyester adalah kain Nagata drill merupakan salah satu bahan yang skin-friendly. Permukaan pakaian dari material Nagata drill terasa lembut di kulit sehingga membuat pemakainya nyaman walaupun dipakai seharian.

4. Kain Nagata drill memiliki serat benang yang tebal, sehingga termasuk bahan yang kuat. Walaupun tebal, namun karena didominasi katun, bahan ini tetap sejuk dipakai.

5. Kelebihan lain dari kain drill merk Nagata adalah sifatnya yang menyerap air. Jadi, jangan khawatir, pakaian Anda nanti dijamin anti gerah walaupun dipakai di lapangan.

Kekurangan Kain Nagata Drill

Oke, kita sudah bahas tadi fitur andalan kain Nagata drill, tapi ternayata kain ini juga punya kekurangan lho. Apa saja kekurangannya?

1. Karakteristik pertama yang dianggap kekurangan merk Nagata adalah ternyata kain Nagata memiliki kelas-kelas. Kelas-kelas kain ini berpengaruh ke kualitas pewarnaan. Jika kebetulan Anda  membeli kain Nagata yang kelas terbawah tentunya dengan harga lebih ekonomis, maka warna kain akan cenderung lebih mudah pudar.

2. Beberapa orang menganggap kain Nagata drill adalah kain yang berat. Walaupun, saat ditimbang, massa kain relatif sama dengan kain lain, namun karakteristik serat yang tebal memberikan ilusi bahwa pakaian dari kain nagata terasa berat.

3. Harga kain Nagata lebih mahal jika dibandingkan jenis kain drill lainnya. Salah satu faktor mengapa harga kain Nagata tinggi adalah komposisi katun dalam campuran kain yang juga tinggi. Meskipun begitu, harga yang tinggi sepadan dengan kualitasnya, karena katun memberikan efek adem dan lembut pada kain, dan menambah nilai kain yang memiliki karakteristik dasar kuat.

Karena itu, pertimbangkan jenis kain Nagata drill sebagai material membuat seragam atau pakaian jika prioritas Anda adalah kualitas bukan budget.

Perbedaan Kain Nagata Drill dan American Drill

Variasi warna kain American drill
Variasi warna kain American drill

Kain Nagata drill dan American drill sama-sama berasal dari keluarga kain jenis drill. Karena merupakan satu famili, maka secara umum keduanya memiliki karakteristik umum kain drill.

Bahan drill merupakan produk kain yang dihasilkan dari campuran serat alami katun dan bahan sintetis polyester. Nantinya, yang membedakan kualitas dan harga adalah seberapa banyak komposisi katun dalam campuran kain. Bahan drill juga terkenal kuat dan tahan lama, serta mudah dikenali dari tekstur jalinan serat yang berbentuk diagonal.

Variasi warna kain Nagata drill
Variasi warna kain Nagata drill

Setiap jenis kain drill memiliki ketebalan serat yang berbeda, sehingga penggunaannya pun berbeda-beda tergantung ketebalan seratnya. Kain drill yang tebal lebih disukai untuk seragam koki dan juru masak, sedangkan kain drill yang tipis biasa dipakai untuk menjahit kemeja seragam, atau pakaian casual.

Kain American drill dan Nagata drill adalah dua jenis bahan drill yang digemari konsumen sebagai material pakaian seragam maupun casual. Nah, kita akan bahas apa saja sebenarnya perbedaan di anatara dua kain drill ini:

IndikatorKain Nagata DrillKain American Drill
Ukuran seratBesarTidak besar tidak kecil
KelembutanLembutLembut
KelenturanLenturLentur
WarnaSoft (lembut)Lebih mencolok, karena kandungan polyester lebih tinggi
PenggunaanSeragam lapangan, kemeja, jaket, seragam perawat, instansi pemerintahJas almamater, seragam, kemeja kerja
Ketebalan Tebal, tahan terhadap tarikan dan gesekanKetebalan sedang, di bawah Nagata drill
KomposisiProsentase katun lebih besarProsentase polyester lebih besar
Tabel Perbedaan Kain Nagata Drill dan Kain American Drill

Setelah mengenali kelebihan dan kekurangan kain Nagata drill serta mengetahui perbedaannnnya dengan jenis kain drill yang lain, kami berharap Anda dapat memilih jenis kain yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Untuk kualitas jahitan dan desain yang baik, Anda bisa menghubungi CS Vranti.id untuk berkonsultasi. CS kami siap melayani Anda via WA, dan terdapat 10 tim penjahit yang siap mengeksekusi desain seragam dan kemeja Anda sesuai keinginan Anda.