logo vranti kuning-min

Blog

Bahan Oxford, Ketahui 5 Kelebihan dan Kekurangannya

bahan oxford

Bahan Oxford merupakan jenis kain yang dibuat dari campuran katun dan teteron, dengan komposisi katun lebih besar. Sementara itu, jika dilihat dari proses pembuatannya oxford termasuk dalam kategori kain drill.

Meskipun tergolong kain drill, kain oxford terbilang tipis. Memang, bahan ini adalah jenis drill yang paling tipis, karena dibuat dari benang yang juga lebih tipis dan kecil.

Kain oxford mudah dikenali dari satu karakteristik khasnya, yaitu di permukaannya terdapat tekstur yang membentuk jalinan titik-titik seperti pixel pada resolusi gambar digital. Titik-titik kecil pada permukaan ini merupakan hasil jalinan dua jenis benang yang dibuat seperti merajut.

Pemanfaatan Kain Oxford dalam Dunia Fashion

Kain oxford banyak diminati, untuk dijadikan material produk-produk berikut:

  • Kemeja
bahan oxford kemeja
image source: shopee

Oxford banyak dijadikan material pembuat kemeja yang dijual pasaran. Selain itu, kain oxford juga piopuler di dunia konveksi untuk dijahit menjadi seragam sekolah atau kantor sesuai pesanan customer.

  • Celana dan Rok
bahan oxford celana
image source: shopee

Kain oxford cocok untuk dibuat celana dan rok model kekinian karena bahannya yang ringan dan lembut. Sifat bahan ini menjadikan celana dan rok dari bahan oxford nyaman dipakai untuk sehari-hari.

  • Jaket Fashion
bahan oxford jaket
image source: bukalapak

Mungkin Anda bingung, apa iya kain oxford yang tipis bisa dijadikan jaket? Jaket yang dibuat dari bahan jenis ini adalah jaket untuk kepentingan fashion semata, karena karakteristik kain oxford tidak bisa menghangatkan.

Selain itu, dunia konveksi menyukai bahan oxford sebagai material pembuat jaket karena harganya yang terjangkau serta bisa dijahit dengan kecepatan tinggi tanpa takut serat-seratnya rusak.

  • Gamis
bahan oxford gamis
image source: shopee

Oxford kualitas premium juga memenuhi kriteria untuk dijahit sebagai gamis atau baju syar’i. Salah satu kelebihan kain oxford sebagai bahan gamis adalah nyaman dipakai karena tipis dan ringan, selain itu bahan ini juga tidak menerawang walaupun tipis.

Kelebihan Bahan Oxford

Bahan oxford banyak digunakan sebagai material pembuat kemeja, seragam kerja, dan banyak model pakaian lainnya, karena dianggap memiliki kelebihan sebagai berikut :

1. Kelebihan utama yang membuat bahan oxford banyak disukai orang adalah teksturnya yang halus, lembut, serta lentur.

2. Sebagai bahan yang didominasi oleh katun, kain oxford sangat nyaman digunakan, bahkan di tengah iklim tropis seperti di Indonesia.

3. Kekuatan bahan oxford juga bisa diandalkan. Sebenarnya tidak heran, karena kain ini dibuat dengan teknik yang sama dengan kain drill yang populer karena ketahanannya.

4. Kain oxford mudah ditemukan di toko kain. Meskipun begitu, karena bahan oxford memiliki banyak varian dengan kualitas berbeda, sebaiknya Anda membeli di toko kain langganan.

5. Terakhir, kain ini memiliki harga yang ekonomis. Harga yang terjangkau, dibarengi dengan kualitas baik adalah alasan kain oxford digemari.

Kekurangan Kain Oxford

Sebagaimana bahan lain, kain oxford juga memiliki kekurangan, diantaranya:

1. Kain oxford tidak bisa diberikan bordir langsung. Karena kain ini cenderung tipis, sehingga jika diberikan bordir langsung kain akan mengkerut.

2. Varian warna dari bahan oxford cenderung mengarah ke warna-warna lembut seperti biru, kuning muda, hijau tosca, dan warna pastel lainnya. Jadi, kalau warna seragam kerja yang Anda inginkan memiliki spectrum warna cerah, Anda bisa mempertimbangkan jenis bahan lain sebagai material.

3. Kekurangan lain dari bahan oxford adalah bahan ini mudah kaku, bahkan bisa robek jika terkena deterjen berlebihan.

4. Kualitas bahan oxford yang ada di pasaran sangat bervariasi, sehingga untuk mendapatkan bahan berkualitas Anda harus teliti dalam memilih.

Perawatan Bahan Oxford

Agar pakaian berbahan oxford terjaga kualitasnya serta tahan lama, Anda perlu merawat kain oxford dengan cara yang benar:

1. sebelum mencuci pakaian yang berbahan kain oxford, pastikan Anda tidak mencucinya bersamaan dengan bahan denim.

2. cuci bahan oxford dengan pakaian lain yang berwarna senada.

3. pastikan takaran deterjen yang digunakan proporsional dengan jumlah air.

4. rendam kain oxford untuk mengangkat kotoran, jika terdapat noda membandel Anda bisa mengucek halus kain ini.

5. setelah dirasa cukup bersih, Anda bisa membilas kain oxford dengan air suhu normal

6. kemudian, jemur bahan oxfor di bawah sinar matahari langsung

7. setelah kering, Anda bisa menyetrika bahan oxford. Gunakan pengaturan suhu untuk bahan katun agar kain oxford licin dan rapi optimal.