logo vranti kuning-min

Blog

7 Tips Memilih Konveksi Seragam Kantor Anti Kecewa

Memilih Konveksi Seragam Kantor

Memilih konveksi seragam kantor memang gampang-gampang susah. Gampang, karena sekarang sudah banyak vendor konveksi yang melayani jasa jahit seragam kantor. Susah, karena kita harus memilih dari sekian banyak vendor mana yang produknya berkualitas, tetap dalam budget, dan bisa dipercaya.

Mengingat tanggung jawab mencari konveksi seragam kantor adalah pekerjaan yang tricky, maka Vranti.id ingin membantu Anda dengan tips-tips agar tidak salah memilih jasa konveksi untuk seragam kerja.

Perbedaan Konveksi dengan Penjahit Biasa

Sebelum sampai pada tips memilih konveksi seragam kantor, pernah nggak Anda bertanya-tanya, apa bedanya konveksi dengan penjahit biasa atau yang dalam dunia produksi pakaian biasa disebut dengan tailor? Yuk, disimak apa saja perbedaan antara konveksi dengan tailor:

1. Konveksi

Konveksi menerima pesanan untuk menjahit pakaian dalam jumlah besar namun tidak sebesar produksi garmen yang bisa mencapai ribuan. Pada konveksi, proses pemotongan, menjahit dan finishing atau biasa disebut CMT (Cut, Make, Trim) dilakukan terpisah. Fungsi kontrol pada sistem produksi konveksi dilakukan real time. Artinya, dikontrol langsung saat proses, dan dikoreksi jika ada kesalahan.

Kekurangannya adalah sistem konveksi tidak sekaku pabrik garmen yang sudah memiliki standar sistem baku. Akibatnya ada celah untuk terjadi keterlambatan produksi pada konveksi.

Pada perkembangannya, jika sebuah konveksi mampu menambah skala produksi, mengembangkan sistem, dan meningkatkan sumberdaya, maka konveksi akan berkembang menjadi industri garmen.

2. Tailor

Sasaran produksi tailor adalah produksi pakaian formal atau semi-formal. Tailor lebih mengedepankan kualitas daripada kuantitas. Karena itu, target pasarnya addalah individu yang punya keinginan spesifik atas pakaian yang akan dijahit. Penjahit di tailor bekerja melalui proses mendengarkan keinginan customer, menuangkannya dalam bentuk gambar rancangan, menambahkan detail jika perlu, mengukur customer, dan akhirnya fitting pakaian sebelum sampai ke produk final.

Produk fashion tailor tentunya memiliki harga lebih tinggi, karena bukan sekedar produk fashion tetapi juga produk seni, apalagi jika tailornya adalah seorang yang profesional. Banyak perancang busana yang mengawali kariernya dari seorang tailor. Jika konveksi akan berkembang menjadi garmen, maka tailor akan berkembang menjadi butik yang menjual pakaian eks

Tips Memilih Konveksi Seragam Kantor

Seperti sudah disebut di awal artikel, memilih konveksi untuk memproduksi seragam kantor bisa jadi sangat tricky. Apalagi jika Anda dibombardir rekomendasi dan informasi dari internet tentang konveksi yang dianggap berkualitas.

Nah, apakah yang Anda butuhkan hanya kualitas? Karena sebenarnya, banyak hal lain terkait layanan yang harus dipertimbangkan dalam memilih konveksi seragam kerja. Setidaknya ada 7 hal yang harus diperhatikan untuk menambah kepuasan Anda sebagai pelanggan:

1.  Menyediakan Jasa Desain Gratis

Sebagai calon pelanggan bisa jadi Anda adalah seorang yang awam desain, atau sudah punya garis besar desain tapi masih ada beberapa detail yang belum matang. Pada situasi seperti ini kebanyakan calon pelanggan berharap pihak konveksi seragam kantor bisa membantu mematangkan desain.

Bayangkan kalau ternyata konveksi yang Anda pilih benar-benar hanya menyediakan jasa eksekusi desain. Ini berarti tambahan pengeluaran, karena Anda harus menggunakan jasa desain tersendiri untuk seragam Anda.

Nah, jadi intinya pilihlah konveksi seragam kantor yang melayani konsultasi desain di awal tanpa biaya alias gratis. Konsultasi ini bisa Anda manfaatkan untuk meminta desain seragam dari 0, menambahakan detail, atau bahkan mengoreksi desain yang sudah ada untuk meningkatkan penampilan seragam kantor.

Vranti.id memiliki 6 lebih tenaga support diantaranya adalah para desainer yang siap memperlancar pesanan Anda.

2. Sampel Produk

Sampel produk menjadi sangat penting karena adakalanya bayangan antara desainer dengan customer berbeda, walaupun sudah melihat gambar yang sama.

Pilih vendor konveksi yang bisa memberikan sampel produk baik yang sudah pernah dibuat, maupun sampel 1 item produk sesuai desain yang sudah disepakati.

3. Pilihan Bahan Kain

Salah satu faktor yang mempengaruhi kualitas bahan kantor adalah jenis bahan kain yang digunakan. Maka pilihlah konveksi seragam kantor yang memiliki banyak variasi material kain.

Ada baiknya Anda melakukan riset terlebih dahulu jenis bahan apa yang sebaiknya Anda gunakan sesuai kebutuhan instansi atau perusahaan Anda. Sehingga saat berdiskusi dengan pihak vendor Anda sudah punya bekal dan menilai apakah material yang ditawarkan adalah material yang cocok dan berkualitas.

Selain jenis bahan kain, pilih juga vendor yang menyediakan banyak variasi warna kain. Warna kain yang bervariasi memberi kebebasan lebih dalam mendesain seragam kantor yang akan diproduksi.

4. Harga

Harga menjadi faktor pertimbangan yang sangat penting mengingat kantor atau instansi Anda pasti sudah menyiapkan budget tertentu untuk menjahit sejumlah seragam sekaligus.

Karena uang yang dikeluarkan tidak sedikit, perhatikan benar apakah harga yang ditawarkan konveksi sepadan dengan kualitas jahitan (bisa Anda ketahui dari sampel produk), jenis material kain yang dipakai, serta layanan pre dan post sales yang disediakan pihak vendor.

5. Ketepatan Waktu

Pilih vendor yang jangka waktu produksinya sesuai dengan perencanaan waktu Anda. Jangan memaksakan waktu yang terlalu mepet karena dikhawatirkan mempengaruhi kualitas produksi.

Komunikasikan juga kesepakatan jika terjadi force majeur yang menyebabkan keterlambatan produksi.

6. Kesepakatan Refund

Adakalanya saat kita berkomunikasi soal desain semua tampak ok dan sejalan. Begitu selesai produksi, hasilnya berbeda dengan yang sudah disepakati. Tentunya Anda akan merasa dirugikan. Karena pasti sudah ada sejumlah uang yang sudah Anda bayarkan setidaknya sebagai DP.

Karena itu perlu ada kesepakatan tentang refund. Ada baiknya juga semua komunikasi dengan pihak konveksi seragam kantor didokumentasikan, bahkan lebih baik lagi jika ada kontrak kerja sebelum naik produksi. Nantinya di kontrak kerja tersebut juga dapat dicantumkan pasal tentang refund.

7. Komunikasi

Jadikan kemudahan komunikasi dengan pihak vendor konveksi seragam kantor sebagai pertimbangan. Baik kanal komunikasi yang fast response, maupun personel layanan konsumen yang menguasai pengetahuan akan produk.

Komunikasi yang lancar akan memudahkan di awal negosiasi, sehingga meminimalisir kasus-kasus yang memerlukan refund atau keterlambatan produksi.

Vranti.id adalah salah satu vendor konveksi seragam kantor yang peduli tentang pentingnya komunikasi. Terdapat 4 marketing yang siap melayani Anda melalui whatsapp, sehingga komunikasi bisa berlangsung secara instan dan dapat Anda lakukan dari ponsel pintar.