Blog

Rekomendasi 4 Jenis Bahan Seragam Sekolah Untuk Belajar Tatap Muka

4 Jenis Bahan Seragam Sekolah Untuk Belajar Tatap Muka

Memilih jenis bahan seragam sekolah tidak bisa sembarangan karena faktor kenyamanan menjadi pertimbangan utama. Aktivitas di sekolah dapat sangat bervariasi, mulai hanya duduk di ruang kelas, hingga aktivitas bermain di luar ruangan, seperti pada jenjang pendidkan TK dan Sekolah Dasar. .

Kain seragam idealnya nyaman saat dipakai belajar sehingga dapat berdampak positif pada tingkat konsentrasi selama proses belajar. Tidak hanya nyaman di dalam ruangan, namun juga nyaman untuk beraktivitas di luar ruangan seperti bermain. Karena itu, kain seragam seharusnya mampu menyerap keringat. Dengan seragam yang nyaman, siswa tidak akan terhalang rasa gerah untuk berlarian saat jam istirahat.

Rekomendasi Jenis Bahan Seragam Sekolah

Dalam memilih bahan seragam, pihak sekolah biasanya akan memilih bahan yang bersifat adem, menyerap keringat, serta cukup lentur.

Dari sekian banyak kain yang beredar di pasar tekstil, ada beberapa jenis kain yang direkomendasikan sebagai bahan seragam sekolah, yaitu:

1. Jenis Bahan Seragam Sekolah Kain Oxford

jenis bahan seragam sekolah oxford

Kain oxford menjadi salah satu jenis bahan seragam sekolah yang direkomenddasikan karena permukaannya yang halus, lembut adem, dan mudah disetrika. Kain oxford dapat dengan mudah dikenali, sekalipun bagi Anda yang awam bahan tekstil. Perhatikan saja dengan seksama maka Anda akan menemukan bahwa kain oxford memiliki motif titik-titik seperti pixel pada resolusi gambar.

Di pasaran, kain oxford dijual dalam berbagai merk. Salah satu merk yang menjadi primadona sebagai material pembuat sandang adalah Taipan Tropical. Kain Taipan Tropical dibuat dari campuran katun dan polyester, dengan komposisi katun lebih mendominasi. Dominasi katun inilah yang membuat kain ini bertekstur lembut, dan memiliki kualitas bagus.

2. Bahan Drill untuk Seragam Sekolah

jenis bahan seragam sekolah drill

Kain drill sudah terkenal sebagai kain dengan pintalan benang yang cukup kuat. Track record nya sebagai material pembuat seragam tentara, menjadikan ketahanan kain ini sudah tidak diragukan lagi.

Nah, sekarang ini kain drill juga menjadi bahan seragam sekolah, terutama bawahan seperti rok siswi.

Kalau Anda mencari kain drill di pasaran, jangan kaget jika menemukan banyak variasi, tentunya dengan harga berbeda-beda pula. Variasi kain drill umumnya terkait kelembutannya, yang semakin lembut maka harga per meternya juga akan semakin tinggi.

Jika Anda mencari kain drill berkualitas paling tinggi, maka kain Taipan Drill lah yang Anda cari. Taipan Drill memiliki komposisi katun paling tinggi, sehingga teksturnya juga paling halus dibanding merk lainnya.

3. Jenis Bahan Seragam Sekolah TC (Teteron Cotton)

jenis bahan seragam sekolah kain TC

Bahan TC adalah pilihan ekonomis untuk membuat baju seragam sekolah. Kain jenis ini terbuat dari campuran 65% bahan polyester dan 35% kain katun. Campuran polyester yang mendominasi mengakibatkan bahan ini cenderung panas dan kurang efektif menyerap keringat.

Walaupun tidak dominan, komposisi katun memberikan efek lembut pada bahan ini. Tingkat kelembutan kain TC akan sangat bergantung prosentasse katun dalam campuran kain.

Beberapa merk kain TC yang mungkin Anda temukan di pasaran adalah TC Nyonya, TC dakron, TC kijang, dan sebagainya. Namun, merk yang paling menjadi favorit addalah TC dakron. TC Dakron unggul karena lebih halus dibanding merk lain, sehingga lebih nyaman dipakai.

Kain TC sebagai material kemeja seragam berwarna putih dapat dikenali dari warnanya yang putih bersih atau putih kebiruan. Hal ini disebabkan efek pewarnaan yang kuat.

4. Bahan Katun

jenis bahan seragam sekolah katun

Katun adalah jenis kain yag terbuat dari serat alam. Bahan katun 100% terbuat seluruhnya dari serat kapas tanpa campuran bahan kimia.

Sebagai jenis bahan seragam sekolah, kain katun menjadi favorit karena efek adem yang diberikan serta daya serapnya yang tinggi. Selain itu, untuk seragam anak usia dini, seragam berbahan katun juga direkomendasikan karena lebih minim risiko alergi.

Berbeda dengan kain TC, seragam kemeja putih berbahan dasar katun, cenderung berwarna putih tulang, dikarenakan minimnya efek pewarnaan.

Nah, setelah berkenalan dengan beberapa jenis seragam sekolah, kini Anda bisa berkomunikasi dengan tim marketing Vranti.id untuk memesan desain seragam yang Anda butuhkan. Komunikasi dengan tim marketing Vranti.id kini mudah, karena bisa lewat chat Whatsapp.

Sudah ada bayangan bagaimana bentuk seragam sekolah yang Anda inginkan, namun kesulitan menuangkan ide dalam bentuk desain? Ini bukan masalah jika Vranti.id adalah vendor Anda. Karena Vranti.id punya tim desainer yang siap menuangkan ide Anda dalam bentuk desain serta memilihkan jenis bahan seragam sekolah yang sesuai dengan gambar desain.

logo vranti circle

Ingin buat Seragam?

Pesan kemeja seragam di VRANTI aja. Vendor seragam terpercaya yang mengutamakan kualitas

PT Properti Data Digital Indonesia

Bernaung dibawah PT Properti Data Digital Indonesia, VRANTI merupakan perusahaan yang bergerak dibidang Custom Fashion.

Kantor dan Workshop kami berlokasi di Bekasi dengan jarak hanya 10 menit dari pintu tol Gabus.

Jika ingin berkunjung, kamu bisa cari VRANTI di google Maps. 

Peralatan Lengkap

VRANTI memiliki peralatan lengkap dan modern yang berada dalam satu atap. Sehingga proses produksi bisa berjalan efisien dan cepat.

Jahit

Kancing

Printer

Pemberdayaan Warga

Sejak pertama kali berdiri selalu memberdayakan penduduk lokal sekitar, terutama perempuan. ini sejalan dengan cita-cita Vranti untuk mengembangkan ekonomi kreatif dengan menggunakan tenaga kerja lokal dilingkungan sekitar.

Clients

VRANTI memiliki peralatan lengkap dan modern yang berada dalam satu atap. Sehingga proses produksi bisa berjalan efisien dan cepat.

Karena permintaan client, beberapa projek dan brand tidak bisa kami tampilkan disini.