Blog

Bahan Seragam Almamater Bisa Dibuat dari 3 Jenis Kain Ini

bahan seragam almamater

Bahan Seragam Almamater – Jas almamater merupakan bagian penting dari identitas sebuah kampus. Bahkan, seringkali menjadi kebanggaan mahasiswanya. Sebagai sebuah atribut wajib, setiap pergantian tahun akademik pihak kampus pasti perlu menjahitkan jas almamater ke konveksi untuk para mahasiswa baru.

Masing-masing kampus biasanya sudah memiliki vendor konveksi langganan untuk melayani order seragam almamater ini. Selain kualitas jahitan, bahan seragam almamater yang disediakan konveksi menjadi pertimbangan kampus memilih vendor konveksi.

Idealnya, bahan seragam almamater adalah jenis kain yang cukup kaku, namun tetap lentur dan tidak panas saat dipakai.

Nah, ada beberapa jenis kain yang memiliki karakteristik seperti ini. Perbedaan jenis kain sebagai bahan seragam almamater, akan menentukan kualitas jas, dan tentunya dengan perbedaan harga.

Buat Anda yang sedang mencari tahu jenis-jenis kain untuk membuat jas alamamater, simak terus artikel ini ya. Lima bahan seragam almamater yang akan segera kita bahas juga bisa digunakan untuk seragam organisasi atau kepanitiaan yang semodel dengan jas almamater.

1. Bahan Seragam Almamater dari Nagata Drill

bahan seragam almamater nagata drill
Nagata Drill

Kain Nagata Drill ini kualitasnya selevel di atas kain American Drill. Terbuat dari campuran katun dan bahan polyester, dengan katun lebih mendominasi. Dominasi katun pada kain Nagata Drill menjadikannya lebih adem saat dipakai.

Sebagai bahan seragam almamater, kain Nagata Drill memiliki serat yang kuat, namun tetap lembut dan nyaman dipakai. Selain itu, daya serap airnya pun tinggi, jadi tidak lembab saat dipakai di bawah matahari tropis.

Tampilan Nagata Drill juga lebih elegan karena seratnya yang berbentuk diagonal, jarang, namun tetap tebal.

Harga kain Nagata Drill di pasaran memang sedikit di atas kain American Drill. Di salah satu marketplace, harganya berkisar di 34 ribuan per meter.

2. Bahan Japan Drill High Quality

bahan seragam almamater japan drill
Warna Kain Japan Drill

Kain Japan Drill High Quality adalah jenis bahan seragam almamater yang harus Anda pilih jika menginginkan jas almamater dengan kualitas terbaik. Bahan Japan Drill lebih tebal dari American Drill, namun tidak kaku. Serat benangnya juga lebih besar dan dapat dikenali dari teksturnya yang miring.

Sama seperti jenis Drill lain, Japan Drill juga merupakan produk campuran antara katun dan polyester. Bedanya, prosentase katun pada kain ini lebih banyak, sehingga menghasilkan beberapa fitur unggulan.

Efek serat katun salah satunya adalah menjadikan kain Japan Drill lebih adem. Perpaduan antara ketahanan dan kesejukan menjadikan kain ini opsi terbaik untuk jas almamater.

Selain itu, saat bersentuhan dengan kulit, kain ini terasa lembut. Tentunya ini fitur yang sangat penting, mengingat saat pemakaian, jas almamater bisa dipakai seharian. Coba bayangkan kalau terasa kasar tentunya akan membuat tidak nyaman si pemakai.

Uniknya, walaupun merupakan bahan untuk menghasilkan spek tertinggi dari jas almamater, harga kain ini lebih murah dari Nagata Drill. Kalau Anda cek, Japan drill dijual di pasaran dengan harga 28 ribuan per meter.

Nagata Drill boleh dikatakan sebagai bahan Drill paling premium saat ini, tapi ternyata Japan Drill High Quality memiliki semua spek yang dimiliki Nagata. Jadi untuk kualitas sama, membuat jaket almamater dengan bahan Japan Drill High Quality tetap lebih ekonomis.

3. Kain American Drill Sebagai Bahan Seragam Almamater

bahan seragam almamater american drill
Kain American Drill

Kain jenis drill memang populer untuk pembuatan bahan seragam karena sifatnya yang kuat  karena merupakan campuran antara katun dan polyester. Kalau soal kesejukan saat pemakaian, kain American Drill termasuk yang sedang-sedang saja, tidak adem, tidak juga panas.

Salah satu jenis kain drill yang cocok sebagai bahan seragam almamater adalah kain American Drill yang termasuk kategori berserat medium. Lebih spesifik lagi adalah kain American dril jenis AM1919.

American Drill jenis AM1919 dinilai memiliki kekakuan yang cukup, namun tetap memiliki karakter yang lembut dan licin. Nah, sifat lembut dan licin inilah yang akan memudahkan proses penjahitan.

Harga kain American Drill termasuk yang paling ekonomis disbanding jenis kain drill lainnya. Untuk mendapatkan satu meter kain jenis ini, Anda cukup menghabiskan 24 ribuan rupiah saja.

Pertimbangan lain mengapa American Drill AM1919 disukai sebagai bahan seragam almamater adalah pilihan warnanya yang bervariasi. Di marketplace Anda bisa menemukan pilihan warna AM1919 mulai dari warna-warna lembut sampai warna ngejreng seperti merah cabai, kuning atau oranye.

Sedikit informasi tentang bahan seragam almamater tadi bisa Anda jadikan bekal dalam bernegosiasi dengan vendor konveksi. Tentunya, Anda juga bisa melakukan survey harga bahan di marketplace, agar tahu lebih detil harga pasaran tiap jenis kain. Selain kualitas produk, pastinya budget juga jadi faktor penting dalam menjatuhkan pilihan.

Untuk mendapatkan harga terbaik dengan bahan seragam almamater berkualitas, Vranti.id merupakan produsen tangan pertama yang menyediakan jasa jahit seragam. Anda bisa langsung berkomunikasi dengan marketing yang siap melayani lewat WA.

logo vranti circle

Ingin buat Seragam?

Pesan kemeja seragam di VRANTI aja. Vendor seragam terpercaya yang mengutamakan kualitas

PT Properti Data Digital Indonesia

Bernaung dibawah PT Properti Data Digital Indonesia, VRANTI merupakan perusahaan yang bergerak dibidang Custom Fashion.

Kantor dan Workshop kami berlokasi di Bekasi dengan jarak hanya 10 menit dari pintu tol Gabus.

Jika ingin berkunjung, kamu bisa cari VRANTI di google Maps. 

Peralatan Lengkap

VRANTI memiliki peralatan lengkap dan modern yang berada dalam satu atap. Sehingga proses produksi bisa berjalan efisien dan cepat.

Jahit

Kancing

Printer

Pemberdayaan Warga

Sejak pertama kali berdiri selalu memberdayakan penduduk lokal sekitar, terutama perempuan. ini sejalan dengan cita-cita Vranti untuk mengembangkan ekonomi kreatif dengan menggunakan tenaga kerja lokal dilingkungan sekitar.

Clients

VRANTI memiliki peralatan lengkap dan modern yang berada dalam satu atap. Sehingga proses produksi bisa berjalan efisien dan cepat.

Karena permintaan client, beberapa projek dan brand tidak bisa kami tampilkan disini.